Sumber : Infobank outlook 2018
Peta Persaingan Bisnis Gadai
Perusahaan gadai swasta yang bergerak dalam bisnis gadai masih bersifat
lokal dan ekspansinya cenderung fokus pada wilayah tertentu, keuntungan dari
perusahaan yang hanya beroperasi secara lokal ini adalah dapat adanya
kustomisasi dalam model layanan yang sesuai dengan selera lokal.
Meskipun masih sangat kecil kontribusinya dalam industri gadai
dibandingkan uang pinjaman yang disalurkan oleh Pegadaian, namun pada beberapa
wilayah terdapat Jasa gadai swasta yang cukup berhasil mengembangkan jumlah
outletnya seperti Koperasi dengan Brand
Pusat Gadai Indonesia di Jakarta dan PT
Mas Agung Sejahtera dengan Brand
Gadai MAS .
Beberapa karakteristik dalam strategi persaingan yang dilakukan oleh perusahaan
yang bergerak di jasa gadai untuk masuk ke pasar adalah sbb. :
1) Perusahaan yang masuk dalam
bisnis gadai dengan strategi fokus pada
segmen barang jaminan emas. Pada saat sekarang strategi ini dipergunakan antara
lain oleh Gadai MAS dan Solusi Tunai.
Jasa gadai ini tidak menerima barang jaminan non emas.
Strategi ini dapat dipilih jika perusahaan memiliki kompetensi dalam
menaksir emas dan masyarakat disekitar tempat outlet berada merupakan penabung
emas atau pemegang asset emas, dengan strategi
ini perusahaan menghindarkan risiko dalam menerima barang jaminan non emas
seperti HP, Laptop atau peralatan elektronika lainnya.
2) Perusahaan gadai yang fokus
menerima gadai barang elektronik seperti Handphone,
Kamera, laptop dan BPKB kendaraan bermotor. Perusahaan gadai dengan strategi fokus pada
barang jaminan non emas dan cukup berhasil mengembangkan jaringannya adalah
Pusat Gadai Indonesia. Perusahaan yang
memiliki outlet yang cukup besar di Jabodetabek. Strategi ini dapat dipilih jika
perusahaan memiliki kompetensi dalam menaksir barang elektronik atau gadget
serta memiliki akses ke pembeli atau toko barang second hand untuk penjualan barang gadai yang tidak ditebus oleh
nasabah, dan tentu saja ekosistem dimana outlet berada mendukung strategi yang
dipilih.
3) Perusahaan gadai yang menerima
gadai dengan barang jaminan emas dan non emas, perusahaan yang berhasil dengan strategi
ini adalah Pegadaian, pioneer bisnis
gadai di Indonesia ini dapat secara efektif melakukan strategi menerima barang
jaminan emas dan non emas karena didukung oleh ketersediaan tenaga Penaksir
yang besar dan memiliki kompetensi yang menjadi standar bagi bisnis gadai
lainnya, namun demikian kredit dengan barang jaminan emas masih tetap yang
terbesar yaitu sekitar 98% dari uang pinjaman yang disalurkan. Barang jaminan
non emas yang memberi kontribusi cukup besar adalah kendaraan bermotor,
Handphone, Laptop dan barang elektronik lainnya.
4) Perusahaan yang menawarkan
konsep gadai online, pada saat
sekarang jasa gadai yang menawarkan gadai online adalah Pegadaian dan Pinjam.com, perbedaan utama dari model layanan
gadai konvensional adalah untuk layanan gadai online menggunakan aplikasi dan nasabah dapat dilayani di tempat
yang diinginkan oleh nasabah itu sendiri. Untuk gadai online ini banyak diminati oleh masyarakat perkotaan (urban), middle class dan millennial.
Namun perlu untuk diperhatikan bahwa mayoritas pengguna jasa gadai
adalah ibu rumah tangga di segmen middle
low yang tidak terlalu familiar dengan penggunaan aplikasi. Ibu rumah
tangga ini juga senang dilayani dengan keramahan personal, dalam arti bertemu
langsung dengan Penaksirnya, karena pada saat harus “menitipkan” emas yang mungkin
sebagian memiliki nilai historis bagi nasabah ke kantor Gadai, mengenal dan
percaya kepada Penaksir menjadi faktor yang penting dan utama dalam memilih
tempat gadai.
5) Layanan gadai dengan
menggunakan pola agen, yaitu model layanan dengan menggunakan non organic channel distribution. Pada
model layanan gadai ini perusahaan gadai bekerjasama dengan pihak ketiga
sebagai saluran distribusinya, misalnya untuk penerimaan gadai emas dilakukan
melalui kerjasama dengan toko emas dan penerimaan gadai HP dilakukan kerjasama
dengan counter HP. Model layanan menggunakan pola keagenen ini sudah dilakukan
oleh Pegadaian dan Pinjam.com.
KABAR BAIK!!!
BalasHapusNama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.
Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.
Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.
Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.
Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan
Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.
Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com
Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.
Sepatah kata cukup untuk orang bijak.