Langsung ke konten utama

customer path, digital era


Customer Path

 

Awareness, Di era digital ini jalan yang ditempuh customer sebelum melakukan pembelian adalah Awareness, Appeal, Ask, act and Advocacy (WOW marketing, Hermawan Kartajaya). Pada fase Awareness calon pembeli akan mendapatkan informasi mengenai produk, bisa dari pengalaman sebelumnya, dari media promosi perusahaan atau dari advocacy.   

 

Pada era media konvensional informasi bisa didapatkan dari billboard, iklan di media cetak dan TV commercial. Pada era digital informasi didapatkan dari percakapan di media digital.   Tidak seperti TV commercial atau print ad. yang satu arah dari produsen ke konsumen, media digital menyediakan platform informasi dua arah. Sharing gambar dan Percakapan di dunia maya dari teman atau saudara dengan menggunakan instagram atau facebook  menjadi konfirmasi bagi calon customer menentukan keputusan selanjutnya. 


                        adopt, columbia business school




Appeal, Dari sekian informasi yang didapatkan akan ada satu atau dua Brand yang paling berkesan dan muda diingat, disinilah pentingnya membuat digital marketing atau materi offline yang menarik serta lokasi yang instagramable. Phase ini dalam wow marketing disebut sebagai Appeal Phase.

 

Semakin attractive materi promosi baik online maupun offline akan semakin berpotensi masuk short list brand yang diminati . Gaya komunikasi Upnormal  dengan content digital-nya disesuaikan dengan target marketnya.  Content iklan digital upnormal yang menargetkan generasi millennial dapat terlihat  pada promo undian ngopi berhadiah jalan jalan ke Eropa.  Berbagai paket sales promotion menjadikan program promosi Upnormal sangat menarik mendorong penjualannya .

 

Asking, Sebelum memutuskan melakukan pembelian maka calon customer akan mencari informasi lebih lanjut.  Pada era digital ini pencarian lebih banyak dilakukan melalui media online  seperti Instagram, facebook dan official website.

 

Dengan menggunakan media sosial, calon customer akan mendapatkan  informasi mengenai suatu produk atau jasa dari review yang diberikan oleh customer lainnya.  Untuk warunk upnormal promosi melalui social media sudah menjadi kekuatan, konsumen akan dengan mudah menemukan materi promosi dan review nya di youtube, Instagram maupun facebook.



Act dan Advocacy

Pada phase act, customer sudah melakukan keputusan dengan melakukan pembelian. Selanjutnya pada fase post purchase bisa jadi akan melakukan pembelian kembali dan pada tingkat yang lebih tinggi akan menjadi  advocacy customer. Customer yang sangat puas akan memberikan rekomendasinya kepada teman dan saudaranya, memberikan comment positif di social media. Namun sebaliknya customer yang kecewa juga akan memberikan review negative yang dapat dibaca banyak orang di dunia maya. 

 

Word of mouth marketing di era digital besar sekali dampaknya karena tidak lagi terbatas dari percakapan lisan orang ke orang lainnya tetapi percakapan dan review di dunia maya yang sangat luas pembacanya. Menurut hasil riset Nielsen, 92% dari customer lebih mempercayai cerita yang disampaikan oleh saudara atau teman dalam mengambil keputusan.

 

Dalam dunia social media, teman tidak lagi terbatas orang yang dikenal secara fisik tetapi termasuk friend di media sosial, follower atau yang di follow di dunia maya. Komunitas yang tidak pernah dikenal secara langsung tetapi menjadi salah satu sumber informasi yang berpengaruh.













































Komentar

Postingan populer dari blog ini

NOKIA di tahun 2008

Harga Pasar Handphone Melihat Daftar Harga Pasar Setempat (HPS) handphone (HP) triwulan II tahun 2008 yang dipakai sebagai dasar bagi Penaksir Pegadaian menetapkan nilai  taksiran barang jaminan handphone di tahun 2008 ini menjadi flashback bagaimana sengitnya persaingan   dalam bisnis handphone .  Dari belasan merek HP yang beredar di pasaran Indonesia pada masa tersebut dan kemudian tercatat dalam daftar barang yang diterima sebagai barang jaminan pada masa itu, pada saat sekarang mungkin hanya hanya Samsung LG dan Motorolla yang masih terlihat  di display outlet penjual HP, selebihnya sudah tidak lagi dikenal oleh generasi sekarang. Merek yang pada masanya cukup inovatif dan laku seperti Sony Ericson atau Siemens pada masa sekarang sudah tidak ada lagi, hanya tinggal kenangan bagi gen X dan tidak dikenal oleh Gen Millenial. P ada tahun 2008 ini HP yang paling terkenal dan menjadi market leader tentu saja NOKIA, HP sejuta umat dan menjadi idola...

Menaksir emas menggunakan loupe dan cap tanggungan

Menaksir Emas Menggunakan Loupe dan Cap Tanggungan. Juru Taksir dalam melaksanakan   tugasnya menggunakan alat yang disebut dengan loupe , atau kaca pembesar ( magnifying glasses ),   Jenis loupe ini bervariasi, ukuran loupe yang dipakai oleh juru taksir adalah loupe dengan kekuatan   minimal 10x triplet, artinya loupe ini memiliki tiga lensa yang dipadukan menjadi satu sehingga meminimalkan distorsi atau kaburnya pandangan mata. Fungsi loupe untuk pengujian emas adalah untuk melihat cap karatase atau dikenal dengan nama cap tanggungan, cap yang tertera di perhiasan emas, setiap produsen baik pabrikan atau toko emas selalu mencantumkan karatase emasnya di perhiasan yang dibuatnya, tidak seperti emas batangan yang karatasenya secara jelas tertulis di bagian luar emas batangan, untuk emas perhiasan tulisan emas ini biasanya sangat kecil sehingga memerlukan loupe untuk melihatnya. Pada umumnya cap tanggungan untuk cin...
BAGAIMANA CARA MENGUJI KARATASE EMAS Penetapan karatase pada umumnya oleh Penaksir di Pegadaian berdasarkan hasil analisa kimia, yaitu dengan menggosokkan emas pada batu uji untuk mendapatkan residu di atas batu, karena sifatnya yang larut dalam larutan aqua regia (air raja) maka residu yang tertinggal di batu uji tadi ditetesi   air uji yang terdiri dari air uji 1 berupa cairan asam nitrat (HNO3) dan air uji 2 berupa cairan HNO3 dicampur cairan asam chlorida (HCL), reaksi kimia yang terjadi inilah yang menentukan karatase emas tersebut. Misalnya untuk pengujian emas merah (emas dengan campuran tembaga), pertama kali hasil gosokan emas pada batu uji yang berbentuk garis akan ditetesi dengan air nitrat dan apabila garis emas tadi termakan oleh air nitrat berarti kadar emas tadi adalah 16 karat atau kurang, perbedaan karatasenya akan terlihat dari reaksinya, semakin cepat garis emas termakan oleh reaksi kimia maka akan semakin rendah kadar emas...