Pengguna Jasa Gadai
Pengguna jasa gadai dapat dilihat dengan membaginya dalam beberapa segmentasi, yaitu pengelompokkan secara demografi, geografi, psikografi dan behavioral. Segmentasi yang didapatkan adalah sebagai berikut :
Demografi :
- Kelompok masyarakat pengguna terbesar jasa gadai adalah ibu rumah tangga, dimana pada umumnya suami menjadi tulang punggung ekonomi keluarga.
- Pada usia produktif, rumah tangga yang relatif muda dan kondisi dimana anak anak sedang sekolah atau kuliah.
- Sebagai karyawan swasta atau memiliki usaha dengan skala UMKM.
Geografi :
- Segmen Pengguna terbesar dari jasa gadai jika dilihat dari tempat tinggalnya (geografi) adalah keluarga yang tinggal di daerah pemukiman kelas menengah bawah (Strata ekonomi dan sosial kelas B dan C).
- Tinggal di daerah yang kegiatan ekonomi utamanya adalah perdagangan atau jasa.
Psikografi :
- Konsumen yang memiliki gaya hidup terkait erat dengan emas. Seperti etnis yang secara tradisional merupakan penabung emas, atau biasa menggunakan perhiasan emas sebagai simbol status.
- Konsumen yang membutuhkan bridging loan, misalnya karena hal sbb. :
- Konsumen yang aktifitas ekonominya sering mengalami unmatch antara pendapatan dengan biaya ;
- Ada anggota keluarga yang perlu dirawat karena sakit, biaya yang besar untuk membayar uang pembangunan disaat anak masuk kuliah sehingga membutuhkan dana ekstra ;
- Petani yang pada musim tanam untuk pembelian bibit dan biaya pengolahan lahan dan lain sebagainya yang semuanya membutuhkan dana talangan agar tidak terjerat dengan rentenir atau ijon.
Behavioral :
- Mayoritas nasabah pengguna jasa gadai adalah masyarakat yang berperilaku informal. Lebih suka dilayani secara akrab dan tidak memerlukan formalitas.
- Menginginkan proses peminjaman yang sederhana, mudah dan cepat.
Dengan menetapkan segmen yang tepat maka satu step dalam pemasaran dapat dilakukan yaitu mengetahui apa yang target konsumen butuhkan dan bagaimana cara untuk mendapatkan perhatiannya.
Komentar
Posting Komentar