Runtuhnya Bisnis
Gadai Milik Negara
Kisah dari perusahaan gadai milik pemerintah Mexico bernama Nacional monte de piedad (NMP) ini
mungkin bermanfaat untuk dipelajari, perusahaan yang legendaris yang terpaksa kehilangan
posisinya sebagai leader akibat persaingan
.
NMP merupakan perusahaan negara yang berdiri sejak tahun 1775
dan memiliki hak monopoli sampai tahun 1996, Bisnis utamanya adalah Bisnis
gadai emas, elektronik, kendaraan bermotor, namun juga memiliki Bisnis di
bidang asuransi, penjualan perhiasan, jam dan jasa taksiran (appraisal).
Pada masa jayanya hingga tahun 1995 NMP memiliki market share di bisnis gadai sebesar 96%,
pada tahun 1996 pemerintah mexico membuat regulasi yang mengizinkan berdirinya
lembaga gadai swasta yang menghasilkan banyak pesaing, diantaranya adalah
prendamex sebagai pesaing utama, berbeda dengan NMP yang mengembangkan model
Bisnis dengan pembukaan cabang milik sendiri maka Prendamex mengembangkan model
franchise, dengan model Bisnis ini
prendamex mampu melampaui outlet yang
dimiliki oleh NMP, pada tahun 2005 outlet yang dimiliki NMP berjumlah 137 unit sedangkan
prendamex memiliki 16 cabang milik sendiri dan 250 outlet franchise. Dalam
periode waktu 1997 s.d. 2004 NMP kehilangan posisinya sebagai market leader,
dari market sharenya sebesar 96 % turun
menjadi 24 % dan laba (net profit)
turun hingga 28%.
Perlu waktu panjang bagi NMP untuk sadar dan kembali bangkit dari
keterpurukannya akibat persaingan, periode 2005 sampai dengan 2010 NMP
melakukan berbagai perbaikan, diantaranya dengan lebih agresif membuka kantor
cabang, memperbaiki pelayanan, meningkatkan LTV dan menambah jam layanan,
meskipun demikian pesaing juga sudah menguasai pasar dengan kuat. Hingga akhir
tahun 2010 NMP mampu berkembang dengan 227 outlet, namun Prendamex tumbuh lebih
cepat dengan 814 outlet dan tetap menjadi perusahaan gadai terbesar di Mexico
menggeser posisi NMP.
Kisah NMP ini mungkin mirip dengan yang terjadi pada para market
leader dan pelopor yang surut dari pasar
seperti yang terjadi pada para samurai Toshiba dan Panasonic yang kehilangan
pasarnya dengan munculnya Samsung dan perusahaan elektronik Tiongkok seperti
Huawei dan Lenovo, hikmah yang dapat
kita ambil ambil bahwa legendarisnya nama perusahaan dapat dengan singkat
menjadi kenangan jika perusahaan tidak mampu adaptif dengan perkembangan zaman.
NMP merupakan perusahaan besar yang mekanismenya distel dengan mesin tipe
monopoli dan tidak cepat berubah pada saat lomba membutuhkan tipe mesin
kompetitif, akhirnya pada setiap etape semakin tertinggal dibelakang…..
Komentar
Posting Komentar