Langsung ke konten utama

Blackberry down



Kehadiran Pesaing Dengan Teknologi Baru

Pada saat BB mengeluarkan fitur BBM-nya, perusahaan ini  berhasil mengalahkan NOKIA dan mencapai puncak kejayaannya sebagai penguasa pasar Handphone di tahun 2011. Pada tahun 2007 saat masa puncak keberhasilannya pangsa pasar BB mencapai hingga mencapai 20% dari pangsa pasar aplikasi sejenis.

Melihat besarnya potensi pasar untuk aplikasi pengirim teks seperti BBM ini menarik minat pendatang baru masuk ke pasar menawarkan aplikasi pengirim teks instant messaging. Pendatang baru yang bernama whatsapp ini pada tahun 2009 diluncurkan di Apple store dan pada tahun 2010 kemudian juga hadir di platform Android .

Whatsapp merupakan aplikasi yang dibuat oleh Brian Acton dan Jan Koum mantan karyawan Yahoo pada tahun 2009.  Pada tahun 2014 dibeli oleh Facebook senilai US$ 19 miliar.

Pada tahun 2013 kehadiran aplikasi Whatsapp (WA) sudah mengalahkan jumlah pengguna aktif Blackbery. Pada bulan Februari tahun 2013 WA sudah memiliki pelanggan aktif sebanyak 200 juta-an. Pengguna aktif WA terus meningkat, pada bulan April tahun 2014 pengguna aktif WA sudah mencapai 500 juta orang. Sementara Blackberry memiliki pengguna aktif sebanyak sekitar 60 juta orang.  

Pesaing BB menawarkan layanan yang tidak dapat diberikan oleh BB. Diferensiasi layanan yang diberikan oleh Aplikasi Whatsapp adalah  bisa dipakai untuk chatting lintas platform dan dapat beroperasi  di platform Android dan Apple OS. 
 
Sementara BB hanya dapat dioperasikan kepada sesama platform BB. Kelemahan BB ini menghilangkan daya saingnya, konsumen semakin tertarik menggunakan WA dan Penjualan BB semakin turun.

Blackberry mulai lebih aktif berpromosi dengan memasang iklan untuk produk barunya BlackBerry Torch dan PlayBook pada akhir 2010 dan 2011 . Perusahaan merasa perlu melakukan promosi yang lebih agresif karena turunnya nilai Brand BB. Konsumen semakin tertarik dengan handphone Samsung yang menggunakan Android atau Iphone dari Apple. BB bagi pengguna Handphone sudah menjadi teknologi yang ketinggalan, positioning yang tidak diharapkan oleh BB.

Meskipun sudah  mencoba melakukan promosi untuk menarik minat lebih banyak pengguna handphone, namun upaya meningkatkan penjualan dengan meluncurkan produk baru juga  mengalami kegagalan. Pasar sudah dikuasai oleh produk Samsung dan iPhone yang dikeluarkan Apple.

Terlambat bereaksi terhadap perubahan pasar

Kehadiran platform Android yang merupakan produk dari google  merupakan faktor yang besar pengaruhnya bagi berakhirnya kejayaan BB. Kehadiran Android juga mendorong kebutuhan konsumen untuk teknologi aplikasi chatting lintas platform (Android, IOS, Windows Phone). 

Pada era setelah tahun 2009 Blackberry harus menghadapi aplikasi Whatsapp (WA)  yang semakin berkembang dan diminati oleh Konsumen.  Manajemen RIM harus menghadapi kondisi dimana diferensiasi yang ditawarkan oleh WA sebagai aplikasi lintas platform semakin menarik minat pengguna Handphone.

Manajemen Blackberry menghadapi kondisi untuk memilih antara tetap menjadi aplikasi eksklusif atau berubah menjadi inklusif seperti WA. Setiap pilihan pasti ada risikonya, Mark Kirkup Director of Developer Relations RIM melihat risiko kalau BB menjadi inklusif akan menyebabkan konsumen berpindah ke platform lainnya.

Namun pilihan untuk tetap menjadikan aplikasi BB sebagai platform eksklusif juga akan menimbulkan risiko ditinggalkan konsumen. Sementara itu suara konsumen menunjukkan kalau mereka membutuhkan BBM menjadi platform terbuka. Berkembangnya WA menyebabkan pilihan untuk menjadi aplikasi terbuka adalah pilihan yang paling rasional karena pada umumnya pengguna BB juga merupakan pengguna WA.

Akhirnya CEO BlackBerry Thorsten Heins pada bulan November 2013 mengambil keputusan untuk  menjadikan BBM sebagai aplikasi lintas platform.

Namun keputusan untuk menjadi aplikasi terbuka ini ternyata membenarkan prediksi bahwa konsumen beralih menggunakan WhatsApp sebagai alat komunikasi. Jutaan pengguna BB beralih menjadi pengguna WA dan sebagian kecil beralih menggunakan Apple OS. Bunyi Ping semakin jarang terdengar dan nomor PIN sudah berganti ke nomor WA.  




Komentar

Postingan populer dari blog ini

pemeriksaan kas sekonyong konyong

Disaat masih menjadi pemeriksa muda di Inspektorat Wilayah Medan aku seperti biasa melakukan berbagai kunjungan pemeriksaan ke berbagai kantor cabang Pegadaian. Hari ini pemeriksaan di kantor cabang Pegadaian takengon selesai dilaksanakan, siang ini aku dan pak Sudrajat sebagai ketua team akan segera kembali ke Medan.  Ketua team ini orang sunda yang sangat baik dan seperti orang sunda lainnya, senang guyon, sehingga perjalanan jauh dari Medan ke Aceh yang ditempuh selama belasan jam ini tidak terasa membosankan. Tapi seperti orang sunda yang susah melafalkan beberapa huruf, begitu juga boss satu ini, salah satu yang paling aku ingat adalah kegagalannya mengucapkan kata “eksekutif”, beliau selalu mengucapkannya sebagai sekutip.   Karena sudah jadwalnya kembali ke Medan, Hati ini riang gembira serasa berteriak “hore.. hore, akhirnya tiba waktunya I’am coming home”. Tidak seperti sekarang dimana sewaktu waktu dapat video call dengan anak isteri, tahun 90-an ini kalau kangen...

NOKIA di tahun 2008

Harga Pasar Handphone Melihat Daftar Harga Pasar Setempat (HPS) handphone (HP) triwulan II tahun 2008 yang dipakai sebagai dasar bagi Penaksir Pegadaian menetapkan nilai  taksiran barang jaminan handphone di tahun 2008 ini menjadi flashback bagaimana sengitnya persaingan   dalam bisnis handphone .  Dari belasan merek HP yang beredar di pasaran Indonesia pada masa tersebut dan kemudian tercatat dalam daftar barang yang diterima sebagai barang jaminan pada masa itu, pada saat sekarang mungkin hanya hanya Samsung LG dan Motorolla yang masih terlihat  di display outlet penjual HP, selebihnya sudah tidak lagi dikenal oleh generasi sekarang. Merek yang pada masanya cukup inovatif dan laku seperti Sony Ericson atau Siemens pada masa sekarang sudah tidak ada lagi, hanya tinggal kenangan bagi gen X dan tidak dikenal oleh Gen Millenial. P ada tahun 2008 ini HP yang paling terkenal dan menjadi market leader tentu saja NOKIA, HP sejuta umat dan menjadi idola...

Arisan Emas Pegadaian.

Ingin berinvestasi emas ? kunjungi outlet outlet Pegadaian, sekarang investasi emas dapat dilakukan dengan berbagai cara, dapat dibeli secara tunai di outlet Galeri 24 Pegadaian, dapat juga dengan cara arisan.