STILL WATER,
Banyak kreatifitas yang dapat dilakukan untuk menarik perhatian
ditengah masifnya sumber informasi yang diterima oleh konsumen, apalagi kalau
produk sejenis yang dijual sangat mudah ditemukan di pasar. Produsen tentu
harus mencari diferensiasi agar menarik perhatian konsumen. beberapa hal yang dapat menarik perhatian dengan diferensiasi adalah sbb. :
Kemasan. Salah satu produsen air kemasan di Afrika Selatan berusaha
tampil stand out di tengah persaingan yang keras tidak dengan
menambahkan rasa manis atau warna dalam air minum yang dijualnya, tetapi dengan
membuat diferensiasi pada kemasan air minumnya.
Produsen air minum ini
menjadikan botol air minumnya menjadi barang seni yang dikerjakan oleh seniman,
sehingga bisa jadi orang memilih
produknya karena ingin mengkoleksi botolnya atau akan terlihat stand out
pada rak pajangan di toko penjualnya.
Dengan kemasan yang eksklusif produk air minum ini tentu memiliki value yang berbeda dengan air minum
dalam kemasan plastik yang sudah sangat banyak ditemukan dijual di pasar.
Konsumenpun akan bersedia membayar lebih dari sekedar membeli air minum dalam
kemasan.
Brand. Produsen ini juga memberi nama
produk air minumnya dengan nama still
water “ it’s not made in China ”.
Ditengah maraknya invasi produk Made in
China yang mengancam produk lokal dan kehebohan perang dagang China dan USA.
Brand It”s not made in China ini tentu akan menarik perhatian dan membuat
perbedaan. Minuman yang membangun
hubungan emosional dengan pembelinya.
Sekarang Konsumen punya dua alasan untuk
membeli air minum “it’s not made in China” , pertama karena memang sedang haus dan
membutuhkan air minum dan kedua karena alasan tertarik dengan botol kemasannya
dan ingin mengoleksi botolnya .
Namun perlu juga diperhatikan
pemberian brand yang kontroversial dapat juga menimbulkan kemarahan bagi
pihak yang merasa dirugikan. Pada produk still water it”s not made in China
ini menimbulkan protes bagi warga negara China yang menganggap brand ini
bersikap rasis dan merendahkan negara China. Akibat dari kontroversial ini
sebagian merasa dirugikan dan memboikot produk ini.
Branding yang kuat akan membangun
keterikatan dengan konsumen.
Emotional advertising merupakan bagian yang sangat penting dalam membangun
Connection dan awareness pasar. Menciptakan promosi yang
membangun hubungan emosional seperti yang dilakukan it’s not made in China
ini menjadi bagian penting dari pemasaran.
Berbagai
keputusan melakukan pembelian yang dilakukan konsumen terhadap suatu barang
atau jasa tidak semata mata karena mereka merasa butuh tetapi juga karena konsumen merasa perusahaan memiliki
value yang sama dengan apa yang diyakini oleh konsumen “people buy emotionally, then
justify logically”.
Komentar
Posting Komentar