Langsung ke konten utama

Packaging


STILL WATER, 


Banyak kreatifitas yang dapat dilakukan untuk menarik perhatian ditengah masifnya sumber informasi yang diterima oleh konsumen, apalagi kalau produk sejenis yang dijual sangat mudah ditemukan di pasar. Produsen tentu harus mencari diferensiasi agar menarik perhatian konsumen. beberapa hal yang dapat menarik perhatian dengan diferensiasi adalah sbb. :




Kemasan. Salah satu produsen air kemasan di Afrika Selatan berusaha tampil stand out di tengah persaingan yang keras tidak dengan menambahkan rasa manis atau warna dalam air minum yang dijualnya, tetapi dengan membuat diferensiasi pada kemasan air minumnya. 

Produsen air minum ini menjadikan botol air minumnya menjadi barang seni yang dikerjakan oleh seniman,  sehingga bisa jadi orang memilih produknya karena ingin mengkoleksi botolnya atau akan terlihat stand out pada rak pajangan di toko penjualnya. 

Dengan kemasan yang eksklusif produk air minum ini tentu memiliki value yang berbeda dengan air minum dalam kemasan plastik yang sudah sangat banyak ditemukan dijual di pasar. Konsumenpun akan bersedia membayar lebih dari sekedar membeli air minum dalam kemasan.

Brand. Produsen ini juga memberi nama produk air minumnya dengan nama still waterit’s not made in China ”. Ditengah maraknya invasi produk Made in China yang mengancam produk lokal dan kehebohan perang dagang China dan USA.

Brand It”s not made in China ini tentu akan menarik perhatian dan membuat perbedaan. Minuman yang membangun hubungan emosional dengan pembelinya.
Sekarang Konsumen punya dua alasan untuk membeli air minum “it’s not made in China” ,  pertama karena memang sedang haus dan membutuhkan air minum dan kedua karena alasan tertarik dengan botol kemasannya dan ingin mengoleksi botolnya .

Namun perlu juga diperhatikan pemberian brand yang kontroversial dapat juga menimbulkan kemarahan bagi pihak yang merasa dirugikan. Pada produk still water it”s not made in China ini menimbulkan protes bagi warga negara China yang menganggap brand ini bersikap rasis dan merendahkan negara China. Akibat dari kontroversial ini sebagian merasa dirugikan dan memboikot produk ini.
Branding yang kuat akan membangun keterikatan dengan konsumen.

Emotional advertising merupakan bagian yang sangat penting dalam membangun Connection dan awareness pasar. Menciptakan promosi yang membangun hubungan emosional seperti yang dilakukan it’s not made in China ini menjadi bagian penting dari pemasaran. 
Berbagai keputusan melakukan pembelian yang dilakukan konsumen terhadap suatu barang atau jasa tidak semata mata karena mereka merasa butuh  tetapi juga karena konsumen merasa perusahaan memiliki value yang sama dengan apa yang diyakini oleh konsumen “people buy emotionally, then justify logically”.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

pemeriksaan kas sekonyong konyong

Disaat masih menjadi pemeriksa muda di Inspektorat Wilayah Medan aku seperti biasa melakukan berbagai kunjungan pemeriksaan ke berbagai kantor cabang Pegadaian. Hari ini pemeriksaan di kantor cabang Pegadaian takengon selesai dilaksanakan, siang ini aku dan pak Sudrajat sebagai ketua team akan segera kembali ke Medan.  Ketua team ini orang sunda yang sangat baik dan seperti orang sunda lainnya, senang guyon, sehingga perjalanan jauh dari Medan ke Aceh yang ditempuh selama belasan jam ini tidak terasa membosankan. Tapi seperti orang sunda yang susah melafalkan beberapa huruf, begitu juga boss satu ini, salah satu yang paling aku ingat adalah kegagalannya mengucapkan kata “eksekutif”, beliau selalu mengucapkannya sebagai sekutip.   Karena sudah jadwalnya kembali ke Medan, Hati ini riang gembira serasa berteriak “hore.. hore, akhirnya tiba waktunya I’am coming home”. Tidak seperti sekarang dimana sewaktu waktu dapat video call dengan anak isteri, tahun 90-an ini kalau kangen...

NOKIA di tahun 2008

Harga Pasar Handphone Melihat Daftar Harga Pasar Setempat (HPS) handphone (HP) triwulan II tahun 2008 yang dipakai sebagai dasar bagi Penaksir Pegadaian menetapkan nilai  taksiran barang jaminan handphone di tahun 2008 ini menjadi flashback bagaimana sengitnya persaingan   dalam bisnis handphone .  Dari belasan merek HP yang beredar di pasaran Indonesia pada masa tersebut dan kemudian tercatat dalam daftar barang yang diterima sebagai barang jaminan pada masa itu, pada saat sekarang mungkin hanya hanya Samsung LG dan Motorolla yang masih terlihat  di display outlet penjual HP, selebihnya sudah tidak lagi dikenal oleh generasi sekarang. Merek yang pada masanya cukup inovatif dan laku seperti Sony Ericson atau Siemens pada masa sekarang sudah tidak ada lagi, hanya tinggal kenangan bagi gen X dan tidak dikenal oleh Gen Millenial. P ada tahun 2008 ini HP yang paling terkenal dan menjadi market leader tentu saja NOKIA, HP sejuta umat dan menjadi idola...

Arisan Emas Pegadaian.

Ingin berinvestasi emas ? kunjungi outlet outlet Pegadaian, sekarang investasi emas dapat dilakukan dengan berbagai cara, dapat dibeli secara tunai di outlet Galeri 24 Pegadaian, dapat juga dengan cara arisan.