Langsung ke konten utama

Terbang melintasi Atlantik

Kisah Charles Lindbergh

(source : Loonshots, Safi bachal, Gramedia, Jakarta, 2019).

Lindbergh merupakan anak muda yang pada usia 25 tahun berhasil menjadi orang pertama yang berhasil menempuh penerbangan melintasi samudera atlantik dari New York ke paris. Dengan tubuh yang tinggi dan atletisnya Lindy menerima tantangan berhadiah $ 25.000 untuk terbang melintasi Samudera Atlantik.

Lindy Take off dari bandara Roosevelt Long Island pada tanggal 20 Mei 1927 dengan menggunakan pesawat bermesin tunggal bernama spirit of st.louis. Pesawat Lindbergh kemudian berhasil mendarat di bandara Paris setelah menempuh perjalanan selama 33,5 jam. Penerbangan bersejarah yang bagi sebagian warga Amerika disejajarkan dengan penjelajahan Columbus hingga menemukan benua Amerika.

Lindbergh berhasil mewujudkan imajinasi jutaan orang yang ingin bisa terbang melintasi Samudera Atlantik menghubungan benua Amerika dengan Benua Eropa. Penerbangan yang disebutkan menghubungkan dunia lama dengan dunia baru, sebelumnya sebanyak 18 orang sudah melakukan percobaan dan gagal melewatinya. Karena besarnya risio yang dihadapi  tidak ada perusahaan asuransi yang mau menerbitkan polis untuk uji coba yang dilakukan oleh Lindbergh.

Penerbangan ini sejak awal sudah mendapatkan banyak sekali perhatian di koran Amerika Serikat, meskipun Lindy bukanlah seorang yang senang dengan publisitas namun tidak mengurangi perhatian publik atas prestasinya ini. Berjuta juta warga Amerika  menyambut kepulangannya di Amerika, selama 3 bulan Lindy melakukan tur keliling di 82 kota Amerika. Lindy mendapatkan apa yang disebut dengan Social proof atas keahliannya di dunia penerbangan.

Atas prestasi yang diakui oleh dunia ini Lindy kemudian mendapatkan banyak sekali penawaran pekerjaan. Namun Lindy kemudian memutuskan hanya akan mengambil pekerjaan yang berkaitan dengan dunia penerbangan. Meskipun berbagai penawaran dari studio film, perusahaan kosmetik hingga berbagai kegiatan sosialita disampaikan kepadanya.

Kemudian Lindy bekerjasama dengan Juan Terry Trippe pemilik perusahaan penerbangan Pan American Airways untuk membangun dan mempromosikan perusahaan Pan Am. Lindy dengan keahlian dan pengalamannya memberikan berbagai nasehat kepada trippe untuk mengembangkan Pan Am Airways. 

Berbagai jalur penerbangan baru berhasil dibuka, tidak semuanya berjalan dengan mudah. Namun kegagalan yang terjadi menjadikannya sebagai pintu masuk untuk melakukan perbaikan. System navigasi baru dipasang di pesawat untuk mencegah pesawat kehilangan arah selama penerbangan yang selama ini mengandalkan Kompas dan visual. 

Pada tahun 1929 Pan Am berhasil terbang ke 60 Bandara di 28 negara, dengan membawa penumpang sebanyak 20 ribu penumpang. Pan Am Airways kemudian menjadi perusahaan penerbangan terbesar di dunia pada tahun ini.

Pelajarannya adalah jika sudah mendapatkan pengakuan atas prestasi yang dihasilkan maka orang akan percaya dengan nasehat yang disampaikan.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

NOKIA di tahun 2008

Harga Pasar Handphone Melihat Daftar Harga Pasar Setempat (HPS) handphone (HP) triwulan II tahun 2008 yang dipakai sebagai dasar bagi Penaksir Pegadaian menetapkan nilai  taksiran barang jaminan handphone di tahun 2008 ini menjadi flashback bagaimana sengitnya persaingan   dalam bisnis handphone .  Dari belasan merek HP yang beredar di pasaran Indonesia pada masa tersebut dan kemudian tercatat dalam daftar barang yang diterima sebagai barang jaminan pada masa itu, pada saat sekarang mungkin hanya hanya Samsung LG dan Motorolla yang masih terlihat  di display outlet penjual HP, selebihnya sudah tidak lagi dikenal oleh generasi sekarang. Merek yang pada masanya cukup inovatif dan laku seperti Sony Ericson atau Siemens pada masa sekarang sudah tidak ada lagi, hanya tinggal kenangan bagi gen X dan tidak dikenal oleh Gen Millenial. P ada tahun 2008 ini HP yang paling terkenal dan menjadi market leader tentu saja NOKIA, HP sejuta umat dan menjadi idola...

Menaksir emas menggunakan loupe dan cap tanggungan

Menaksir Emas Menggunakan Loupe dan Cap Tanggungan. Juru Taksir dalam melaksanakan   tugasnya menggunakan alat yang disebut dengan loupe , atau kaca pembesar ( magnifying glasses ),   Jenis loupe ini bervariasi, ukuran loupe yang dipakai oleh juru taksir adalah loupe dengan kekuatan   minimal 10x triplet, artinya loupe ini memiliki tiga lensa yang dipadukan menjadi satu sehingga meminimalkan distorsi atau kaburnya pandangan mata. Fungsi loupe untuk pengujian emas adalah untuk melihat cap karatase atau dikenal dengan nama cap tanggungan, cap yang tertera di perhiasan emas, setiap produsen baik pabrikan atau toko emas selalu mencantumkan karatase emasnya di perhiasan yang dibuatnya, tidak seperti emas batangan yang karatasenya secara jelas tertulis di bagian luar emas batangan, untuk emas perhiasan tulisan emas ini biasanya sangat kecil sehingga memerlukan loupe untuk melihatnya. Pada umumnya cap tanggungan untuk cin...
BAGAIMANA CARA MENGUJI KARATASE EMAS Penetapan karatase pada umumnya oleh Penaksir di Pegadaian berdasarkan hasil analisa kimia, yaitu dengan menggosokkan emas pada batu uji untuk mendapatkan residu di atas batu, karena sifatnya yang larut dalam larutan aqua regia (air raja) maka residu yang tertinggal di batu uji tadi ditetesi   air uji yang terdiri dari air uji 1 berupa cairan asam nitrat (HNO3) dan air uji 2 berupa cairan HNO3 dicampur cairan asam chlorida (HCL), reaksi kimia yang terjadi inilah yang menentukan karatase emas tersebut. Misalnya untuk pengujian emas merah (emas dengan campuran tembaga), pertama kali hasil gosokan emas pada batu uji yang berbentuk garis akan ditetesi dengan air nitrat dan apabila garis emas tadi termakan oleh air nitrat berarti kadar emas tadi adalah 16 karat atau kurang, perbedaan karatasenya akan terlihat dari reaksinya, semakin cepat garis emas termakan oleh reaksi kimia maka akan semakin rendah kadar emas...