Keunggulan Bersaing Dalam Jasa Gadai
Apa yang diharapkan oleh calon nasabah sebelum menggunakan jasa gadai ? pada umumnya nasabah mengharapkan hal sbb. :
• Instant Cash, Customer yang datang ke jasa gadai adalah orang yang membutuhkan dana segera bisa dipakai. Tidak seperti nasabah perbankan yang meminjam untuk kebutuhan jangka menengah atau jangka panjang. Nasabah gadai membutuhkan dana darurat (emergency funds) dan jangka pendek (bridging loans), baik untuk tujuan konsumtif maupun produktif. Nasabah menginginkan proses layanan yang cepat. Kecepatan layanan adalah competitive advantage bagi jasa gadai.
• Simplification, customer memutuskan untuk menggunakan jasa gadai karena tidak memerlukan banyak persyaratan dan tidak perlu prosedur yang panjang. Jika dalam transaksi digital layanan “one click” merupakan suatu keunggulan maka dalam layanan gadai konvensional, persyaratan yang sederhana cukup dengan mengisi satu formulir aplikasi dan menyediakan foto kopi KTP (identity card).
• Online to Offline (O2O), dengan berkembangnya layanan digital maka layanan O2O atau omni channel menjadi keharusan. Nasabah terlebih dahulu dapat mengajukan aplikasi kredit melalui website dan mendapatkan nilai taksiran atas barang jaminannya sebelum datang ke outlet. Penyerahan barang jaminan dapat dilakukan di salah satu outlet atau pick up point yang disepakati.
• Intimacy, menjadi sahabat yang mau mendengarkan disaat customer mengalami masalah keuangan merupakan atribut yang sangat penting dalam layanan jasa gadai. Faktor Trust terhadap Penaksir dapat menjadi faktor switching cost yang mahal bagi customer untuk pindah ke layanan jasa gadai lainnya.
Intimacy tidak hanya efektif membangun loyalitas tetapi juga merupakan lawan dari efficiency yang ditawarkan oleh pinjaman aplikasi peer to peer . Fintech dapat mengungguli jasa gadai dalam hal kecepatan, namun layanan face to face memiliki keunggulan dalam hal customer intimacy.
Komentar
Posting Komentar