Langsung ke konten utama

marketing communication

Marketing Communication

Peter Drucker menyebutkan bahwa marketing bertujuan untuk “to create, keep and satisfy the customer”, salah satu bagian dari marketing tersebut adalah aktifitas marketing communication, dimana perusahaan mempromosikan produk dan layanan yang ditawarkan kepada konsumen. 

Bagi bisnis gadai untuk memenangkan persaingan juga perlu memberikan layanan yang berbeda, misalnya dengan menerima buka layanan pada malam hari,  adanya delivery service barang jaminan, diskon atau tarif khusus untuk segmen yang spesifik. Misalnya tarif khusus untuk pensiunan atau diskon bunga untuk korban bencana alam akan menciptakan unique services dan menciptakan brand yang memiliki perbedaan (distinctive brand) dibandingkan pesaing di benak konsumen. 

Untuk menciptakan distinctive brand, Maxi-Cash pawnshop Singapura menyatakan dirinya sebagai Singapore’s trusted new gold jeweller and preloved luxury goods retailer. Ar Rahnu pajak gadai dari Malaysia menyatakan dirinya sebagai pajak gadai yang cepat, aman dan Amanah. Sementara Cash Converter Australia menyatakan dirinya “we make more of the things you want possible”.  

Di Indonesia Pegadaian memiliki tagline “mengatasi masalah tanpa masalah” dan Pusat Gadai Indonesia menyebut dirinya “gadaikan dengan rasa aman”.

Jasa gadai harus memilih target marketnya, perusahaan yang berusaha untuk menarik customer dalam segmen yang terlalu luas dan terlalu banyak produk yang ditawarkan akan menghadapi tantangan dalam menyampaikan marketing communication-nya. Dengan memilih target yang spesifik maka perusahaan akan lebih baik dalam mendisain pendekatan yang cocok dengan kebutuhan dan harapan dari target market.

Misalnya untuk produsen mobil Lexus yang memilih segmen high end, marketing communication yang akan dibangun adalah  status sebagai orang sukses bukan pilihan sebagai alat transportasi yang irit bahan bakar dan murah.  Lexus tidak akan masuk ke pasar low MPV sekelas Avanza, karena berada pada segmen yang sangat berbeda dan akan sulit melakukan marketing communication-nya jika membuat produk untuk low MPV.  

Grant Leboef dalam bukunya myths of marketing menjelaskan bahwa bagi perusahaan yang menantang pemimpin pasar, untuk berhasil harus menetapkan target market yang lebih spesifik. Melayani segmen pasar yang lebih sempit akan memungkinkan perusahaan dapat membuat Unique Selling Proposition dan memiliki brand yang kuat. 





Komentar

Postingan populer dari blog ini

pemeriksaan kas sekonyong konyong

Disaat masih menjadi pemeriksa muda di Inspektorat Wilayah Medan aku seperti biasa melakukan berbagai kunjungan pemeriksaan ke berbagai kantor cabang Pegadaian. Hari ini pemeriksaan di kantor cabang Pegadaian takengon selesai dilaksanakan, siang ini aku dan pak Sudrajat sebagai ketua team akan segera kembali ke Medan.  Ketua team ini orang sunda yang sangat baik dan seperti orang sunda lainnya, senang guyon, sehingga perjalanan jauh dari Medan ke Aceh yang ditempuh selama belasan jam ini tidak terasa membosankan. Tapi seperti orang sunda yang susah melafalkan beberapa huruf, begitu juga boss satu ini, salah satu yang paling aku ingat adalah kegagalannya mengucapkan kata “eksekutif”, beliau selalu mengucapkannya sebagai sekutip.   Karena sudah jadwalnya kembali ke Medan, Hati ini riang gembira serasa berteriak “hore.. hore, akhirnya tiba waktunya I’am coming home”. Tidak seperti sekarang dimana sewaktu waktu dapat video call dengan anak isteri, tahun 90-an ini kalau kangen sama keluarga

Arisan Emas Pegadaian.

Ingin berinvestasi emas ? kunjungi outlet outlet Pegadaian, sekarang investasi emas dapat dilakukan dengan berbagai cara, dapat dibeli secara tunai di outlet Galeri 24 Pegadaian, dapat juga dengan cara arisan.

jalur sungai Banjarmasin to Palangkaraya

Jalur Sungai Banjarmasin – Palangkaraya. Kantor cabang Pegadaian di Palangkaraya pada tahun 1999 merupakan satu-satunya kantor cabang Pegadaian yang terletak di kota Palangkaraya, ibukota Propinsi Kalimantan Tengah.   Pegadaian di Palangkaraya kurang bagus perkembangannya karena setelah beberapa tahun berdiri masih juga berstatus cabang kelas III, klasifikasi cabang terendah pada masa itu. Dibandingkan Pegadaian di wilayah Kalimantan Timur sangat jauh tertinggal, Pegadaian di wilayah Balikpapan telah tumbuh pesat.  Pada tahun 1998-2000 apabila kita ingin ke   kota Palangkaraya dari Banjarmasin salah satu alternative yang dapat ditempuh adalah dengan menggunakan sarana transportasi berupa speed boat . Setelah pengalaman buruk saya menggunakan angkutan darat maka saya lebih memilih selalu menggunakan angkutan sungai meskipun sebenarnya saya takut karena tidak bisa berenang sama sekali. Transportasi sungai Banjarmasin ke Palangkaraya ini akan melalui sungai-sungai Kuala Kapuas,