Langsung ke konten utama

Dampak penurunan harga emas terhadap Pegadaian.



PERIODE PENURUNAN HARGA EMAS


Pada akhir tahun 2013, terjadi penurunan harga emas yang  sangat drastis dimana sebelumnya harga emas pada awal tahun berkisar sekitar US$ 1700/ troy onz , secara konstan terus mengalami penurunan hingga mencapai sekitar US$ 1100 / troy onz, penurunan harga emas pada periode tersebut  mencapai sekitar 30%




Penurunan ini menurut berbagai analisa terutama disebabkan oleh kebijakan quantitative easing yang dilakukan oleh pemerintah AS, kebijakan QE ini pada dasarnya upaya dari pemerintah AS menggerakan ekonominya dengan pencetakan uang ke pasar, sehingga pemerintah AS dengan belanja pemerintahnya mampu menggerakan berbagai sektor ekonomi AS, dengan membaiknya sektor riel maka akan membuka banyak lapangan kerja menggerakan pasar modal dan menguatnya mata uang U$.


Dengan membaiknya indikator ekonomi AS maka uang yang beredar tertarik ke berbagai instrument keuangan di AS sebagai akibatnya emas sebagai alternative investasi yang selama ini dianggap paling aman dan memberikan keuntungan bagi investor secara perlahan ditinggalkan, terutama oleh para spekulan yang lebih tertarik menyimpan assetnya dalam mata uang U$ dan berbagai instrument keuangan di AS, sebagai akibatnya harga emas mengalami kemerosotoan sekitar 30%, penurunan nilai ema yang tidak pernah terjadi sejak berakhirnya perang Arab – Israel dan krisis revolusi Iran, atau sudah berlalu dalam beberapa decade.

Sejak AS memutuskan untuk keluar dari perjanjian Bretton woods dimana nilai mata uang seharusnya dikaitkan dengan nilai persediaan emas yang dimiliki oleh suatu Negara karena kebutuhan AS terus mencetak uang untuk membiayai perangnya di Vietnam maka sebagai super power ekonomi dunia dimana ketergantungan dunia pada AS sangat besar maka hampir seluruh mata uang menjadi terkait dengan mata uang U$ dan ekonomi dunia menjadi sangat tergantung dengan kondisi ekonomi AS.

Lantas apa hubungan merosotnya harga emas  dengan Pegadaian ?  akibatnya adalah sejak awal tahun 2014 pegadaian mengalami penurunan nilai uang pinjam yang disalurkan atau nilai outstanding loannya (OSL), kondisi ini semakin diperberat dengan tingginya nilai barang jaminan emas yang tidak ditebus oleh nasabah.


Pegadaian menyalurkan kredit sampai pertengan tahun 2013 mencapai angka sekitar 21 triliun dan 97 % dari kredit yang disalurkan tersebut memiliki underlying emas sehingga penurunan harga emas sebesar 30% tersebut jika diambil perhitungan garis lurus akan menyebabkan turunya nilai taksiran barang jamina emas sebesar 30%.

Untuk memudahkan ilustrasi atas permasalahan ini dapat dilihat dari ilustrasi dibawah ini.
·      Misal, harga emas dunia pada hari ini sebesar US$ 1,200.- / troy onz dan kurs rupiah adalah Rp. 13000 / US$, maka harga emas di Indonesia adalah : (1,200 : 31,1 ) x Rp.13000 = Rp. 501,000.- / gram. Maka Pegadaian akan menetapkan harga standar untuk penetapan taksirannya sekitar 95% dari harga emas tersebut, berarti sekitar Rp. 485,000.- / gram.

·      Jika ada calon nasabah yang membawa emas sebesar 10 gram maka nilai taksiran atas barang jaminan  nasabah tersebut adalah 10 gram x Rp. 485,000.- = atau 4,850,000.- pengertian nilai taksiran ini adalah harga yang ditetapkan oleh Pegadaian untuk barang jaminan milik nasabah dan untuk besarnya uang pinjaman yang akan didapatkan oleh nasabah adalah 92% dari nilai taksiran barang jaminan atau 92% x 485,000.- = Rp. 446,000.- (pembulatan ribuan).

Adanya spread antara harga pasar dengan nilai taksiran adalah sebagai mitigasi risiko atas potensi terjadinya fluktuasi harga emas

Dengan ilustrasi tersebut dapat diperkirakan jika harga emas merosot sebesar 30% menjadi  US$ 840 per troy ounce maka nilai taksiran akan merosot sebesar 30 % dan uang pinjaman akan merosot minimal sebesar 30%, karena sekitar 10% dari nasabah Pegadaian mengambil uang pinjaman tidak sebesar nilai maksimum dari uang pinjaman yang bisa diambil




Komentar

  1. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    BalasHapus

  2. Thanks infonya. Oiya ngomongin emas, ternyata saat ini ada loh cara investasi emas yang lebih mudah, namun tetap aman dan menguntungkan. Mau tau kayak gimana? Yuk cek di sini: Investasi emas yang inovatif

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

pemeriksaan kas sekonyong konyong

Disaat masih menjadi pemeriksa muda di Inspektorat Wilayah Medan aku seperti biasa melakukan berbagai kunjungan pemeriksaan ke berbagai kantor cabang Pegadaian. Hari ini pemeriksaan di kantor cabang Pegadaian takengon selesai dilaksanakan, siang ini aku dan pak Sudrajat sebagai ketua team akan segera kembali ke Medan.  Ketua team ini orang sunda yang sangat baik dan seperti orang sunda lainnya, senang guyon, sehingga perjalanan jauh dari Medan ke Aceh yang ditempuh selama belasan jam ini tidak terasa membosankan. Tapi seperti orang sunda yang susah melafalkan beberapa huruf, begitu juga boss satu ini, salah satu yang paling aku ingat adalah kegagalannya mengucapkan kata “eksekutif”, beliau selalu mengucapkannya sebagai sekutip.   Karena sudah jadwalnya kembali ke Medan, Hati ini riang gembira serasa berteriak “hore.. hore, akhirnya tiba waktunya I’am coming home”. Tidak seperti sekarang dimana sewaktu waktu dapat video call dengan anak isteri, tahun 90-an ini kalau kangen sama keluarga

Arisan Emas Pegadaian.

Ingin berinvestasi emas ? kunjungi outlet outlet Pegadaian, sekarang investasi emas dapat dilakukan dengan berbagai cara, dapat dibeli secara tunai di outlet Galeri 24 Pegadaian, dapat juga dengan cara arisan.

jalur sungai Banjarmasin to Palangkaraya

Jalur Sungai Banjarmasin – Palangkaraya. Kantor cabang Pegadaian di Palangkaraya pada tahun 1999 merupakan satu-satunya kantor cabang Pegadaian yang terletak di kota Palangkaraya, ibukota Propinsi Kalimantan Tengah.   Pegadaian di Palangkaraya kurang bagus perkembangannya karena setelah beberapa tahun berdiri masih juga berstatus cabang kelas III, klasifikasi cabang terendah pada masa itu. Dibandingkan Pegadaian di wilayah Kalimantan Timur sangat jauh tertinggal, Pegadaian di wilayah Balikpapan telah tumbuh pesat.  Pada tahun 1998-2000 apabila kita ingin ke   kota Palangkaraya dari Banjarmasin salah satu alternative yang dapat ditempuh adalah dengan menggunakan sarana transportasi berupa speed boat . Setelah pengalaman buruk saya menggunakan angkutan darat maka saya lebih memilih selalu menggunakan angkutan sungai meskipun sebenarnya saya takut karena tidak bisa berenang sama sekali. Transportasi sungai Banjarmasin ke Palangkaraya ini akan melalui sungai-sungai Kuala Kapuas,