Langsung ke konten utama

Bisnis Emas E-Commerce

 BUKAEMAS nya BUKALAPAK

Seiring dengan meningkatnya minat masyarakat berinvestasi emas maka  jumlah pemain dalam bisnis emas pun bertambah. Beberapa e-commerce platform, seperti Lazada, blibli.com, dan Tokopedia pun
mulai merambah penjualan emas batangan.











Diantara e-commerce yang mulai serius membuka bisnis emas adalah BukaLapak,  Startup online marketplace di Indonesia yangmenerapkan model bisnis customer-to-customer (C2C/ Konsumen-ke-
Konsumen). Dari data Google Playstore aplikasi BukaLapak telah diunduhsebanyak lebih dari 10 juta kali dan mendapatkan rating 4.4 dari 405.559 penggunanya (data per 27 Juli 2017).

Medio Juni 2017 BukaLapak mulai masuk ke jual-beli emas dengan meluncurkan fitur baru yaitu BukaEmas,  layanan ini membantu penggunanya yang ingin mengalokasikan uangnya dalam bentuk emas. Penerimaan terhadap BukaEmas dapat dibilang cukup positif, hingga saat ini tercatat kurang lebih 110.000 pengguna BukaEmas dan diprediksi terus meningkat sepanjang tahun ini.

Secara umum, konsep yang ditawarkan mirip dengan Tabungan Emas milik Pegadaian, yaitu jual beli emas secara terjangkau. Fitur utama BukaEmas adalah beli emas, dengan cara memasukkan gram emas yang ingin dibeli (minimal 0,005 dengan kelipatan 0,001 gram), kemudian melakukan pembayaran dengan menggunakan saldo BukaDompet (user mentransfer sejumlah uang ke rek Buka Lapak untuk mengisi saldo BukaDompet. User juga dapat cetak emasnya atau jual kembali (buy back), hasil penjualan akan masuk ke buka dompet.

Komunikasi pemasaran buka emas menawarkan fitur produk pembelian dan jual kembali emas yang lebih kecil dari Tabungan Emas serta bebas biaya administrasi.

TARGET MARKET

BukaEmas melakukan komunikasi dengan memposisikan user-nya sebagai investor yang cukup ‘canggih’ dan memiliki pemahaman yang dalam tentang investasi. BukaEmas memberikan informasi harga emas terkini dan grafik pergerakan harga emas dalam bentuk Grafik candle chart, bentuk komunikasi yang biasa dipergunakan oleh investor aktif saham dan komoditi.

Pegadaian lebih fokus pada pengenalan investasi emas dan edukasi emas sebagai bagian dari perencanaan keuangan keluarga dan menyasar middle low, melakukan edukasi dalam bentuk literasi ke berbagai komunitas. Memberikan kemudahan bagi Nasabah untuk menabung dengan menggunakan e-channel (internet banking dan ATM) dan nasabah juga dapat melihat saldo Tabungan Emas dari aplikasi Sahabat Pegadaian .

Komentar

Postingan populer dari blog ini

pemeriksaan kas sekonyong konyong

Disaat masih menjadi pemeriksa muda di Inspektorat Wilayah Medan aku seperti biasa melakukan berbagai kunjungan pemeriksaan ke berbagai kantor cabang Pegadaian. Hari ini pemeriksaan di kantor cabang Pegadaian takengon selesai dilaksanakan, siang ini aku dan pak Sudrajat sebagai ketua team akan segera kembali ke Medan.  Ketua team ini orang sunda yang sangat baik dan seperti orang sunda lainnya, senang guyon, sehingga perjalanan jauh dari Medan ke Aceh yang ditempuh selama belasan jam ini tidak terasa membosankan. Tapi seperti orang sunda yang susah melafalkan beberapa huruf, begitu juga boss satu ini, salah satu yang paling aku ingat adalah kegagalannya mengucapkan kata “eksekutif”, beliau selalu mengucapkannya sebagai sekutip.   Karena sudah jadwalnya kembali ke Medan, Hati ini riang gembira serasa berteriak “hore.. hore, akhirnya tiba waktunya I’am coming home”. Tidak seperti sekarang dimana sewaktu waktu dapat video call dengan anak isteri, tahun 90-an ini kalau kangen...

NOKIA di tahun 2008

Harga Pasar Handphone Melihat Daftar Harga Pasar Setempat (HPS) handphone (HP) triwulan II tahun 2008 yang dipakai sebagai dasar bagi Penaksir Pegadaian menetapkan nilai  taksiran barang jaminan handphone di tahun 2008 ini menjadi flashback bagaimana sengitnya persaingan   dalam bisnis handphone .  Dari belasan merek HP yang beredar di pasaran Indonesia pada masa tersebut dan kemudian tercatat dalam daftar barang yang diterima sebagai barang jaminan pada masa itu, pada saat sekarang mungkin hanya hanya Samsung LG dan Motorolla yang masih terlihat  di display outlet penjual HP, selebihnya sudah tidak lagi dikenal oleh generasi sekarang. Merek yang pada masanya cukup inovatif dan laku seperti Sony Ericson atau Siemens pada masa sekarang sudah tidak ada lagi, hanya tinggal kenangan bagi gen X dan tidak dikenal oleh Gen Millenial. P ada tahun 2008 ini HP yang paling terkenal dan menjadi market leader tentu saja NOKIA, HP sejuta umat dan menjadi idola...

Arisan Emas Pegadaian.

Ingin berinvestasi emas ? kunjungi outlet outlet Pegadaian, sekarang investasi emas dapat dilakukan dengan berbagai cara, dapat dibeli secara tunai di outlet Galeri 24 Pegadaian, dapat juga dengan cara arisan.