BUKAEMAS nya BUKALAPAK
Seiring dengan meningkatnya minat masyarakat berinvestasi emas maka jumlah pemain dalam bisnis emas pun bertambah. Beberapa e-commerce platform, seperti Lazada, blibli.com, dan Tokopedia pun
mulai merambah penjualan emas batangan.
Diantara e-commerce yang mulai serius membuka bisnis emas adalah BukaLapak, Startup online marketplace di Indonesia yangmenerapkan model bisnis customer-to-customer (C2C/ Konsumen-ke-
TARGET MARKET
Seiring dengan meningkatnya minat masyarakat berinvestasi emas maka jumlah pemain dalam bisnis emas pun bertambah. Beberapa e-commerce platform, seperti Lazada, blibli.com, dan Tokopedia pun
mulai merambah penjualan emas batangan.
Diantara e-commerce yang mulai serius membuka bisnis emas adalah BukaLapak, Startup online marketplace di Indonesia yangmenerapkan model bisnis customer-to-customer (C2C/ Konsumen-ke-
Konsumen). Dari data Google Playstore aplikasi BukaLapak telah diunduhsebanyak lebih dari 10 juta kali dan mendapatkan rating 4.4 dari 405.559 penggunanya (data per 27 Juli 2017).
Medio Juni 2017 BukaLapak mulai masuk ke jual-beli emas dengan meluncurkan fitur baru yaitu BukaEmas, layanan ini membantu penggunanya yang ingin mengalokasikan uangnya dalam bentuk emas. Penerimaan terhadap BukaEmas dapat dibilang cukup positif, hingga saat ini tercatat kurang lebih 110.000 pengguna BukaEmas dan diprediksi terus meningkat sepanjang tahun ini.
Secara umum, konsep yang ditawarkan mirip dengan Tabungan Emas milik Pegadaian, yaitu jual beli emas secara terjangkau. Fitur utama BukaEmas adalah beli emas, dengan cara memasukkan gram emas yang ingin dibeli (minimal 0,005 dengan kelipatan 0,001 gram), kemudian melakukan pembayaran dengan menggunakan saldo BukaDompet (user mentransfer sejumlah uang ke rek Buka Lapak untuk mengisi saldo BukaDompet. User juga dapat cetak emasnya atau jual kembali (buy back), hasil penjualan akan masuk ke buka dompet.
Komunikasi pemasaran buka emas menawarkan fitur produk pembelian dan jual kembali emas yang lebih kecil dari Tabungan Emas serta bebas biaya administrasi.
TARGET MARKET
BukaEmas melakukan komunikasi dengan memposisikan user-nya sebagai investor yang cukup ‘canggih’ dan memiliki pemahaman yang dalam tentang investasi. BukaEmas memberikan informasi harga emas terkini dan grafik pergerakan harga emas dalam bentuk Grafik candle chart, bentuk komunikasi yang biasa dipergunakan oleh investor aktif saham dan komoditi.
Pegadaian lebih fokus pada pengenalan investasi emas dan edukasi emas sebagai bagian dari perencanaan keuangan keluarga dan menyasar middle low, melakukan edukasi dalam bentuk literasi ke berbagai komunitas. Memberikan kemudahan bagi Nasabah untuk menabung dengan menggunakan e-channel (internet banking dan ATM) dan nasabah juga dapat melihat saldo Tabungan Emas dari aplikasi Sahabat Pegadaian .
Komentar
Posting Komentar