Langsung ke konten utama

Perubahan Teknologi dan Barang Jaminan.


 


Jangan dikira apa yang terjadi di silicon valley tidak akan berpengaruh kepada Pegadaian, semakin cepat teknologi berubah juga berpengaruh kepada jenis barang jaminan dan nilai taksiran di bisnis gadai.

Perubahan teknologi yang datang secara cepat akan mempengaruhi nilai taksiran dan persyaratan penerimaan barang jaminan, apalagi dengan pesatnya perkembangan teknologi digital menyebabkan cepatnya perubahan teknologi pada produk yang berbasiskan digital seperti Smartphone dan laptop.

Salah satu bentuk perubahan teknologi yang cukup dramatis adalah kemunculan teknologi Personal Computer (PC) dan Laptop karena menghabisi masa jayanya mesin ketik yang sudah berusia ratusan tahun sebagai alat tulis yang sudah membantu menghasilkan jutaan orang menjadi sarjana, tidak hanya itu, kehadiran PC dan laptop juga mengakhiri masa masa mesin tik sebagai barang jaminan gadai.  

Mesin ketik pada masanya merupakan salah satu jenis barang yang banyak diterima sebagai barang jaminan, terutama untuk outlet Pegadaian yang berada di sekitar lingkungan kampus, namun dengan munculnya perubahan teknologi dari mesin tik ke penggunaan PC maka harga mesin tik menjadi turun dengan drastis.

Mahasiswa era awal 90-an mulai berubah dari menggunakan mesin tik yang tidak praktis mengetik, kalau salah harus menggunakan tip ex, berubah mulai menggunakan PC yang praktis, kalau salah tinggal delete,  rental PC tumbuh subur disekitar kampus dan harga PC pun semakin terjangkau oleh masyarakat.


Mesin tik termasuk salah satu asset berharga yang dimiliki mahasiswa dan mudah untuk digadaikan, akibat pergeseran teknologi ini mesin tik menjadi sangat turun nilainya di pasar secong hand dan juga sulit  untuk dijual di lelang. Pada akhirnya tidak lagi diterima sebagai barang jaminan.


Namun masa jaya teknologi PC pun berjalan singkat, dari munculnya PC tanpa merek atau sering disebut jangkrik, pada akhir tahun 90-an penggunaan PC di kalangan mahasiswa-pun sudah tidak lagi popular, sudah berganti menjadi laptop, namun laptop pun mengalami perubahan yang sangat cepat dari serial pentium 1 sampai 4 hingga kemudian menjadi intel core i.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

pemeriksaan kas sekonyong konyong

Disaat masih menjadi pemeriksa muda di Inspektorat Wilayah Medan aku seperti biasa melakukan berbagai kunjungan pemeriksaan ke berbagai kantor cabang Pegadaian. Hari ini pemeriksaan di kantor cabang Pegadaian takengon selesai dilaksanakan, siang ini aku dan pak Sudrajat sebagai ketua team akan segera kembali ke Medan.  Ketua team ini orang sunda yang sangat baik dan seperti orang sunda lainnya, senang guyon, sehingga perjalanan jauh dari Medan ke Aceh yang ditempuh selama belasan jam ini tidak terasa membosankan. Tapi seperti orang sunda yang susah melafalkan beberapa huruf, begitu juga boss satu ini, salah satu yang paling aku ingat adalah kegagalannya mengucapkan kata “eksekutif”, beliau selalu mengucapkannya sebagai sekutip.   Karena sudah jadwalnya kembali ke Medan, Hati ini riang gembira serasa berteriak “hore.. hore, akhirnya tiba waktunya I’am coming home”. Tidak seperti sekarang dimana sewaktu waktu dapat video call dengan anak isteri, tahun 90-an ini kalau kangen sama keluarga

Arisan Emas Pegadaian.

Ingin berinvestasi emas ? kunjungi outlet outlet Pegadaian, sekarang investasi emas dapat dilakukan dengan berbagai cara, dapat dibeli secara tunai di outlet Galeri 24 Pegadaian, dapat juga dengan cara arisan.

jalur sungai Banjarmasin to Palangkaraya

Jalur Sungai Banjarmasin – Palangkaraya. Kantor cabang Pegadaian di Palangkaraya pada tahun 1999 merupakan satu-satunya kantor cabang Pegadaian yang terletak di kota Palangkaraya, ibukota Propinsi Kalimantan Tengah.   Pegadaian di Palangkaraya kurang bagus perkembangannya karena setelah beberapa tahun berdiri masih juga berstatus cabang kelas III, klasifikasi cabang terendah pada masa itu. Dibandingkan Pegadaian di wilayah Kalimantan Timur sangat jauh tertinggal, Pegadaian di wilayah Balikpapan telah tumbuh pesat.  Pada tahun 1998-2000 apabila kita ingin ke   kota Palangkaraya dari Banjarmasin salah satu alternative yang dapat ditempuh adalah dengan menggunakan sarana transportasi berupa speed boat . Setelah pengalaman buruk saya menggunakan angkutan darat maka saya lebih memilih selalu menggunakan angkutan sungai meskipun sebenarnya saya takut karena tidak bisa berenang sama sekali. Transportasi sungai Banjarmasin ke Palangkaraya ini akan melalui sungai-sungai Kuala Kapuas,