Langsung ke konten utama

marketing communication





The Body Shop



Salah satu strategi Marketing communication yang dipergunakan oleh TBS adalah menggunakan influencer. Tujuan dari TBS menggunakan influencer ini adalah untuk mengkomunikasikan value dari brand TBS,  melalui influencer ini juga diharapkan  awareness konsumen terhadap produk kosmetik TBS juga semakin meningkat dan berhasil menjadi penggerak penjualan produk.

Melalui influencer TBS   menyampaikan pesan mengenai value anti animal tester yang mereka dukung. Dengan menggunakan influencer ini TBS menciptakan word to mouth marketing. Dalam era social media keputusan pembelian sangat dipengaruhi oleh informasi dari berbagai media, seorang konsumen sebelum melakukan pembelian akan mencari informasi dengan melakukan browsing di media internet dan membaca review atas produk yang akan dibelinya atau meminta pendapat dari temannya (peer to peer communication), baik teman yang memang dikenalnya secara pribadi atau temannya yang hanya di  di media sosial.

Setiap brand memiliki influencer marketing tersendiri yang dipilih dengan sangat ketat oleh TBS.  Team brand bekerja sama dengan team digital membangun promosi melalui social media.  Para influencer ini diseleksi dari pubic figure yang  memiliki value samaTBS.

Salah satu value yang sangat ditekankan oleh TBS adalah prinsip forever against animal testing. Di Indonesia TBS juga bekerjasama dengan Celebrity dalam menyampaikan value perusahaan. Pesan yang disampaikan melalui media Instagram influencer ini sangat berhasil menarik awareness konsumen .

Pemilihan influencer ini juga harus memperhatikan engagement mereka dengan followernya, bukan influencer dengan fake follower. Influencer juga harus sesuai dengan audience yang ingin dicapai oleh perusahaan. Sehingga brand value yang ingin disampaikan ke audience melalui influencer ini diterima sesuai dengan harapan perusahaan.

Referral

Untuk meningkatkan jumlah customer-nya TBS menjalankan program referral dengan pola membership. Dengan memiliki kartu member maka customer akan menikmati discount  tambahan, kartu member ini juga dapat dipergunakan oleh anggota keluarga maupun sahabat pemegang kartu untuk melakukan pembelian di outlet TBS dengan mendapatkan discount tambahan. Disamping untuk mendapatkan discount maka program membership TBS ini juga menjadikan Kartu member berfungsi sebagai program  referral.

Jenis referral yang dipakai oleh TBS dapat dikategorikan sebagai  customer referral. Untuk efektifnya customer referral ini tentu diperlukan advocacy customer atau delight customer, orang  yang bersedia untuk mengajak orang belanja atau melakukan transaksi ke produk yang akan ditawarkan.  Customer referral ini tidak dibayar secara langsung oleh perusahaan, namun akan efektif apabila referral dan customer yang diajak mendapatkan point reward. Referral jenis ini paling banyak dipakai dan cocok dipergunakan untuk produk yang menyasar banyak pelanggan (mass product)  dan menjadi jenis referral yang  paling berdampak jika dikembangkan dengan baik.

Disamping customer referral terdapat Jenis referral lainnya yaitu  Affiliate atau associate referral, berbeda dengan customer referral maka affiliate ini adalah perantara yang dibayar apabila dapat mendatangkan pembeli bertransaksi.  pada saat ini juga banyak menggunakan aplikasi online yang memberikan referensi bagi pembelian suatu produk. Menjadi seorang affiliate yang berhasil akan menjadi pekerjaan dengan penghasilan tidak terbatas, karena setiap produk yang berhasil dijual maka seorang affiliate akan mendapatkan fee yang sudah ditetapkan. Produk yang sangat berhasil memasarkan produk dengan menggunakan affiliate ini adalah amazon.com.

Influencer Referral, jenis referral ini sering dikenal dengan sebutan brand ambassador, buzzer dan youtuber . Untuk media terrestrial  seperti TV kita bisa menggunakan orang terkenal seperti Sule atau Agnez Mo untuk menceritakan mengenai keunggulan produk yang kita jual.   Untuk media online seperti  instagram  yang juga popular influencer menjadi selebgram seperti Rachel Vennya selebgram yang memiliki jutaan orang follower dengan engagement yang kuat.   Atau untuk tingkat dunia Kim kardhasian dan Kylie Jenner memiliki engagement yang sangat kuat.

Untuk media youtuber’s dikenal influencer seperti Rafi Ahmad yang memiliki jutaan subscriber, sehingga setiap yang mereka tayangkan di channel nya akan ditonton jutaan orang.  pemilihan influencer  sangat tergantung dengan jenis produk yang akan dijual, kecocokan value dari influencer dengan produk yang dijual dan siapa target market dari produk. Satu lagi yang penting tentu anggaran promosi yang dimiliki, biasanya besarnya follower atau subscriber dan engagement akan berpengaruh pada tarif influencer .







Komentar

Postingan populer dari blog ini

pemeriksaan kas sekonyong konyong

Disaat masih menjadi pemeriksa muda di Inspektorat Wilayah Medan aku seperti biasa melakukan berbagai kunjungan pemeriksaan ke berbagai kantor cabang Pegadaian. Hari ini pemeriksaan di kantor cabang Pegadaian takengon selesai dilaksanakan, siang ini aku dan pak Sudrajat sebagai ketua team akan segera kembali ke Medan.  Ketua team ini orang sunda yang sangat baik dan seperti orang sunda lainnya, senang guyon, sehingga perjalanan jauh dari Medan ke Aceh yang ditempuh selama belasan jam ini tidak terasa membosankan. Tapi seperti orang sunda yang susah melafalkan beberapa huruf, begitu juga boss satu ini, salah satu yang paling aku ingat adalah kegagalannya mengucapkan kata “eksekutif”, beliau selalu mengucapkannya sebagai sekutip.   Karena sudah jadwalnya kembali ke Medan, Hati ini riang gembira serasa berteriak “hore.. hore, akhirnya tiba waktunya I’am coming home”. Tidak seperti sekarang dimana sewaktu waktu dapat video call dengan anak isteri, tahun 90-an ini kalau kangen sama keluarga

Arisan Emas Pegadaian.

Ingin berinvestasi emas ? kunjungi outlet outlet Pegadaian, sekarang investasi emas dapat dilakukan dengan berbagai cara, dapat dibeli secara tunai di outlet Galeri 24 Pegadaian, dapat juga dengan cara arisan.

jalur sungai Banjarmasin to Palangkaraya

Jalur Sungai Banjarmasin – Palangkaraya. Kantor cabang Pegadaian di Palangkaraya pada tahun 1999 merupakan satu-satunya kantor cabang Pegadaian yang terletak di kota Palangkaraya, ibukota Propinsi Kalimantan Tengah.   Pegadaian di Palangkaraya kurang bagus perkembangannya karena setelah beberapa tahun berdiri masih juga berstatus cabang kelas III, klasifikasi cabang terendah pada masa itu. Dibandingkan Pegadaian di wilayah Kalimantan Timur sangat jauh tertinggal, Pegadaian di wilayah Balikpapan telah tumbuh pesat.  Pada tahun 1998-2000 apabila kita ingin ke   kota Palangkaraya dari Banjarmasin salah satu alternative yang dapat ditempuh adalah dengan menggunakan sarana transportasi berupa speed boat . Setelah pengalaman buruk saya menggunakan angkutan darat maka saya lebih memilih selalu menggunakan angkutan sungai meskipun sebenarnya saya takut karena tidak bisa berenang sama sekali. Transportasi sungai Banjarmasin ke Palangkaraya ini akan melalui sungai-sungai Kuala Kapuas,