Langsung ke konten utama

Gadai, customer journey

Gadai Customer Journey

Bagi nasabah gadai yang paling penting  adalah keakuratan Penaksir dalam menetapkan nilai taksiran terhadap barang jaminan dan dan layanan yang ramah. Kedua duanya ini akan membangun trust dan loyalitas bagi customer. Lebih dari itu akan mendorong nasabah menjadi advocacy customer, dalam bisnis gadai advocacy ini sangat penting.  

Dalam bisnis gadai ini berlaku idiom “ no trust without integrity, everything happen with trust “.  Trust ini didapatkan dari integritas appraiser dan trust tidak hanya kepada brand tetapi lebih ke personal appraiser-nya. Salah satu ilmu yang harus dimiliki oleh Penaksir adalah membangun intimacy, karena yang diperlukan adalah trust yang dibangun dari customer intimacy.

Berlanjut pada saat customer harus memperpanjang kreditnya, mendapatkan pemberitahuan mengenai waktu jatuh tempo kredit dan kemudahan proses untuk memperpanjang kreditnya. dengan era digital sekarang tentu akan sangat bermanfaat jika tanggal jatuh tempo dapat dilihat melalui aplikasi atau website selain menggunakan surat pemberitahuan lelang.

Pemberitahuan tanggal jatuh tempo dan tanggal lelang merupakan hal yang krusial bagi Pelanggan gadai. Melelangkan agunan bisa menimbulkan ketidak puasan, karena barang jaminan bagi sebagian nasabah memiliki nilai historis.  Melelangkan barang jaminan bisa jadi menyebabkan hilangnya satu orang nasabah.

Kemudian kemudahan layanan  menebus barang jaminan yang sudah jatuh tempo. Pada saat menebus agunannya customer tentu berharap agunan yang dititipkan dalam kondisi terawat, terutama untuk agunan yang peka terhadap kerusakan jika disimpan dalam waktu lama. 






Komentar

Postingan populer dari blog ini

pemeriksaan kas sekonyong konyong

Disaat masih menjadi pemeriksa muda di Inspektorat Wilayah Medan aku seperti biasa melakukan berbagai kunjungan pemeriksaan ke berbagai kantor cabang Pegadaian. Hari ini pemeriksaan di kantor cabang Pegadaian takengon selesai dilaksanakan, siang ini aku dan pak Sudrajat sebagai ketua team akan segera kembali ke Medan.  Ketua team ini orang sunda yang sangat baik dan seperti orang sunda lainnya, senang guyon, sehingga perjalanan jauh dari Medan ke Aceh yang ditempuh selama belasan jam ini tidak terasa membosankan. Tapi seperti orang sunda yang susah melafalkan beberapa huruf, begitu juga boss satu ini, salah satu yang paling aku ingat adalah kegagalannya mengucapkan kata “eksekutif”, beliau selalu mengucapkannya sebagai sekutip.   Karena sudah jadwalnya kembali ke Medan, Hati ini riang gembira serasa berteriak “hore.. hore, akhirnya tiba waktunya I’am coming home”. Tidak seperti sekarang dimana sewaktu waktu dapat video call dengan anak isteri, tahun 90-an ini kalau kangen sama keluarga

Arisan Emas Pegadaian.

Ingin berinvestasi emas ? kunjungi outlet outlet Pegadaian, sekarang investasi emas dapat dilakukan dengan berbagai cara, dapat dibeli secara tunai di outlet Galeri 24 Pegadaian, dapat juga dengan cara arisan.

jalur sungai Banjarmasin to Palangkaraya

Jalur Sungai Banjarmasin – Palangkaraya. Kantor cabang Pegadaian di Palangkaraya pada tahun 1999 merupakan satu-satunya kantor cabang Pegadaian yang terletak di kota Palangkaraya, ibukota Propinsi Kalimantan Tengah.   Pegadaian di Palangkaraya kurang bagus perkembangannya karena setelah beberapa tahun berdiri masih juga berstatus cabang kelas III, klasifikasi cabang terendah pada masa itu. Dibandingkan Pegadaian di wilayah Kalimantan Timur sangat jauh tertinggal, Pegadaian di wilayah Balikpapan telah tumbuh pesat.  Pada tahun 1998-2000 apabila kita ingin ke   kota Palangkaraya dari Banjarmasin salah satu alternative yang dapat ditempuh adalah dengan menggunakan sarana transportasi berupa speed boat . Setelah pengalaman buruk saya menggunakan angkutan darat maka saya lebih memilih selalu menggunakan angkutan sungai meskipun sebenarnya saya takut karena tidak bisa berenang sama sekali. Transportasi sungai Banjarmasin ke Palangkaraya ini akan melalui sungai-sungai Kuala Kapuas,