Langsung ke konten utama

Gadai, customer journey

Gadai Customer Journey

Bagi nasabah gadai yang paling penting  adalah keakuratan Penaksir dalam menetapkan nilai taksiran terhadap barang jaminan dan dan layanan yang ramah. Kedua duanya ini akan membangun trust dan loyalitas bagi customer. Lebih dari itu akan mendorong nasabah menjadi advocacy customer, dalam bisnis gadai advocacy ini sangat penting.  

Dalam bisnis gadai ini berlaku idiom “ no trust without integrity, everything happen with trust “.  Trust ini didapatkan dari integritas appraiser dan trust tidak hanya kepada brand tetapi lebih ke personal appraiser-nya. Salah satu ilmu yang harus dimiliki oleh Penaksir adalah membangun intimacy, karena yang diperlukan adalah trust yang dibangun dari customer intimacy.

Berlanjut pada saat customer harus memperpanjang kreditnya, mendapatkan pemberitahuan mengenai waktu jatuh tempo kredit dan kemudahan proses untuk memperpanjang kreditnya. dengan era digital sekarang tentu akan sangat bermanfaat jika tanggal jatuh tempo dapat dilihat melalui aplikasi atau website selain menggunakan surat pemberitahuan lelang.

Pemberitahuan tanggal jatuh tempo dan tanggal lelang merupakan hal yang krusial bagi Pelanggan gadai. Melelangkan agunan bisa menimbulkan ketidak puasan, karena barang jaminan bagi sebagian nasabah memiliki nilai historis.  Melelangkan barang jaminan bisa jadi menyebabkan hilangnya satu orang nasabah.

Kemudian kemudahan layanan  menebus barang jaminan yang sudah jatuh tempo. Pada saat menebus agunannya customer tentu berharap agunan yang dititipkan dalam kondisi terawat, terutama untuk agunan yang peka terhadap kerusakan jika disimpan dalam waktu lama. 






Komentar

Postingan populer dari blog ini

pemeriksaan kas sekonyong konyong

Disaat masih menjadi pemeriksa muda di Inspektorat Wilayah Medan aku seperti biasa melakukan berbagai kunjungan pemeriksaan ke berbagai kantor cabang Pegadaian. Hari ini pemeriksaan di kantor cabang Pegadaian takengon selesai dilaksanakan, siang ini aku dan pak Sudrajat sebagai ketua team akan segera kembali ke Medan.  Ketua team ini orang sunda yang sangat baik dan seperti orang sunda lainnya, senang guyon, sehingga perjalanan jauh dari Medan ke Aceh yang ditempuh selama belasan jam ini tidak terasa membosankan. Tapi seperti orang sunda yang susah melafalkan beberapa huruf, begitu juga boss satu ini, salah satu yang paling aku ingat adalah kegagalannya mengucapkan kata “eksekutif”, beliau selalu mengucapkannya sebagai sekutip.   Karena sudah jadwalnya kembali ke Medan, Hati ini riang gembira serasa berteriak “hore.. hore, akhirnya tiba waktunya I’am coming home”. Tidak seperti sekarang dimana sewaktu waktu dapat video call dengan anak isteri, tahun 90-an ini kalau kangen...

NOKIA di tahun 2008

Harga Pasar Handphone Melihat Daftar Harga Pasar Setempat (HPS) handphone (HP) triwulan II tahun 2008 yang dipakai sebagai dasar bagi Penaksir Pegadaian menetapkan nilai  taksiran barang jaminan handphone di tahun 2008 ini menjadi flashback bagaimana sengitnya persaingan   dalam bisnis handphone .  Dari belasan merek HP yang beredar di pasaran Indonesia pada masa tersebut dan kemudian tercatat dalam daftar barang yang diterima sebagai barang jaminan pada masa itu, pada saat sekarang mungkin hanya hanya Samsung LG dan Motorolla yang masih terlihat  di display outlet penjual HP, selebihnya sudah tidak lagi dikenal oleh generasi sekarang. Merek yang pada masanya cukup inovatif dan laku seperti Sony Ericson atau Siemens pada masa sekarang sudah tidak ada lagi, hanya tinggal kenangan bagi gen X dan tidak dikenal oleh Gen Millenial. P ada tahun 2008 ini HP yang paling terkenal dan menjadi market leader tentu saja NOKIA, HP sejuta umat dan menjadi idola...

Arisan Emas Pegadaian.

Ingin berinvestasi emas ? kunjungi outlet outlet Pegadaian, sekarang investasi emas dapat dilakukan dengan berbagai cara, dapat dibeli secara tunai di outlet Galeri 24 Pegadaian, dapat juga dengan cara arisan.