PEMBUATAN RENCANA BISNIS (Business Plan)
Rencana bisnis yang baik haruslah
menjadi dokumen hidup (living Documents), bercerita mengenai siapa pelanggan
kita, taktik penjualan dan pemasaran yang akan dilakukan, besarnya anggaran dan
hal hal yang ingin dicapai.
Terdapat 3 (tiga) Aturan
Dalam Membuat Rencana Bisnis, yaitu sbb. :
1. Rencana Bisnis harus dibuat secara
singkat dan jelas, sehingga orang lain bersedia untuk membaca rencana bisnis
yang kita sampaikan.
2. Rencana bisnis merupakan alat (tool) untuk
menjalankan bisnis dan juga untuk pengembangan bisnis, sehingga rencana bisnis
akan akan mengalami perbaikan secara terus menerus.
3.
Pergunakan kata dan istilah yang mudah
dimengerti oleh calon investor/ pembaca awam, karena menggunakan istilah yang
terlalu teknis akan menyebabkan investor/ pembaca awam tidak mengerti apa yang
ingin kita sampaikan.
Dalam perjalanannya, rencana bisnis ini harus menjadi ukuran atas
perkembangan bisnis yang dijalani dan penyesuian yang harus dilakukan untuk
mencapai target yang sudah ditetapkan dalam rencana bisnis awal.
Dalam pembuatan rencana bisnis terdapat 6 Hal yang harus dijelaskan,
yaitu
1. Executive summary (Exsum)
Executive Summary merupakan gambaran singkat mengenai bisnis yang kita jalani dan rencana
yang kita buat, Exsum harus dibuat secara singkat karena sebagian besar orang
akan membaca Exsum ini pada saat awal.
2. Opportunity
Bagian ini harus dapat menjelaskan mengenai apa produk atau jasa yang kita jual, bagaimana potensi produk/jasa yang kita tawarkan ssuai dengan kebutuhan pasar, bagaimana cara memenuhi kebutuhan pasar dan siapa konsumen yang menjadi target.
Dengan menjelaskan secara spesifik siapa yang menjadi target
dari produk/jasa yang ditawarkan maka akan lebih mudah untuk membuat program
penjualan dan pemasaran yang akan dijalankan. Untuk mengukur target market
dapat menggunakan metode sbb. :
- TAM: Your Total Available
or Addressable Market (everyone you wish to reach with your product)
- SAM: Your Segmented
Addressable Market or Served Available Market (the portion of TAM you will
target)
- SOM: Your Share Of the
Market (the subset of your SAM that you will realistically reach—particularly
in the first few years of your business)
Kemudian rencana bisnis juga harus dapat menjelaskan siapa yang akan menjadi pesaing dalam bisnis yang akan dimasuki, karena setiap bisnis memiliki bentuk persaingannya sendiri.
3. Execution
Pada bagian ini akan mencakup rencana pemasaran dan penjualan, operasi dan bagaimana langkah langkah yang akan dilakukan dalam mengelola usaha.
4. Team and company
Bagian ini menceritakan siapa anggota team
dan siapa yang perlu direkrut, juga menjelaskan secara ringkas mengenai
struktur hukum, lokasi dan langkah langkah untuk memastikan bahwa kita memiliki
rencana untuk memastikan usaha akan siap dijalankan.
5. Financial plan
Rencana bisnis harus memuat perencanaan
keuangan, misalnya mengenai target penjualan, biaya, pendapatan dan laba yang
ingin dicapai. Rencana bisnis juga harus memuat besarnya dana yang dibutuhkan
untuk menjalankan bisnis ini
6. Appendix
Bagian ini
memuat gambar dan informasi tambahan yang diperlukan untuk memudahkan
pembacanya memahami rencana bisnis yang dibuat.
Sumber : Bplans website
Contoh One Page Business Plan Optima Security System
Menyediakan layanan pengamanan asset perusahaan
anda, dengan menggunakan tenaga pengamanan profesional dan teknologi yang
terbaik di Asia dan memastikan asset pelanggan terjaga baik serta memberikan keuntungan bagi Stake Holder
-------------------------------------------------------------------
Our Opportunity
Problem
Solving
Meningkatnya keperluan tentang keamanan menyebabkan perlunya system pengamanan yang dapat diandalkan.
Meningkatnya kejahatan cyber Diperlukannya tenaga keamanan yang terlatih. |
Our Solution
Tenaga Satpam bersertifikat professional. Integrated security system yang mengawasi asset selama 24 jam.
Menyediakan software dan expert dalam Cyber security.
Alat alat keamanan industri dan perumahan. Tempat pelatihan bagi tenaga sekuriti. |
Target
Market
Pada tahun 2020 kami akan mencapai nilai total penjualan sebesar Rp. 5 triliun, dari segmen sbb. :
Captive Market…….. 20%
IT Security ................ 30% Security Guard non cap... 20%
Penyediaan alat alat keamanan .. 10%
Sec.guard training .... 20% |
Competitor
- PT. Mahakam
- PT. Garda Utama
- PT. G4S
- Sekurindo |
Funding : Rp. 25
miliar
Dana ini dibutuhkan untuk pengembangan
aplikasi security command center yang akan diperluas sampai ke seluruh
wilayah Indonesia, pada saat ini aplikasi SCC masih mengcover wilayah pulau
Jawa.
|
|
Sales
and Marketing
Sales
Channel
: Kami menawarkan jasa melalui jalur B2B dengan berbagai perusahaan di
Indonesia melalui Kantor Pusat Pegadaian dan 12 Kantor Perwakilan
se-Indonesia.
Marketing
-
Direct mail
ke berbagai perusahaan dan pada berbagai kawasan Industri.
- Iklan pada website Perusahaan.
|
Financial
Our Team
sumber Bplans
Our Resources :
13,000 orang Satpam bersertifikat Gada Pratama, Security Comand Center, Mifare absent online system dan 13 Kantor Perwakilan di seluruh Indonesia.
Our Partner : Kepolisian Republik Indonesia
Komentar
Posting Komentar