Value Train Tip-O.com
Geofrey A. Moore memberikan ilustrasi mengenai perusahaan yang gagal membaca arah perkembangan keinginan konsumen dalam bukunya Dealing with Darwin. Perusahaan yang gagal membaca keinginan konsumen dan terlambat mengadopsi teknologi dalam perkembangan bisnisnya akan jatuh dalam jurang “the chasm” .
Untuk dapat terus berkembang Pesonna Optima Jasa (POJ) mulai membangun bisnis berbasiskan digital yang disebut dengan platform Tip-O .Pengembangan bisnis dengan menggunakan konsep Value Train sedikit banyaknya dipengaruhi oleh model bisnis pemutar musik Apple. Kehadiran iPad dan iTunes menjadi value train bagi Apple, dan juga mengubah model industri musik .
Layanan yang disebut dengan Tip-O.com ini kemudian membangun platform market place. Dengan platform Tip-O ini mulai menjadi generate revenue bagi POJ dalam bentuk ongkos kirim, jasa titip dan pendapatan dari discount merchant.
Untuk pengirimannya akan menggunakan Optima Courier. Jasa kurir merupakan value train dalam ekosistem market place Tip-O. Optima courier bekerjasama dengan berbagai perusahaan jasa courier besar untuk memperluas jaringan pengiriman berskala nasional.
Dengan menggunakan value train Tip-O , POJ akan terus melakukan inovasi untuk menjaga perusahaan selalu berada pada fast track perkembangan bisnis berbasiskan teknologi digital. Bagi POJ pilihan untuk shifting ke bisnis berbasiskan teknologi ibarat mengikuti lomba lari marathon, pelari harus terus berlari untuk bisa unggul. Perusahaan harus terus berinovasi agar tetap berada pada track dan menjadi pemenang.
Komentar
Posting Komentar