Sebenarnya apa yang dimaksudkan dengan brand ? Brand merupakan kombinasi dari nama atau logo barang atau jasa yang akan langsung muncul dalam pikiran seseorang (Definisi dari The UK’s chartered Institute of Marketing). Ada juga yang menyebut bahwai brand adalah ‘promise’.
Professor grant leboff dalam bukunya berjudul Myths of Marketing menjelaskan apa yang disebut dengan salah satu level brand awareness yaitu brand recall, inilah yang dibuttuhkan oleh setiap perusahaan.
Brand recall, misalnya pada saat petani jagung sedang butuh uang untuk membeli bibit jagung, dan bertanya kepada temannya dimana bisa pinjam uangnya ?
temannya langsung menjawab “agen Pegadaian, juragan jagung”.
Inilah yang disebut dengan brand recall dan brand yang paling diingat disebut sebagai ‘top of mind awareness’.
Awareness merupakan syarat awal dari terjadinya pembelian, tidak ada orang yang akan membeli merek yang tidak dikenalnya. Disinilah kekuatan agen Pegadaian, karena Pegadaian merupakan Top of Mind bagi mereka yang sedang membutuhkan pinjaman dengan cepat dan jangka pendek. Sehingga proses untuk menjadi terjadinya transaksi jauh lebih mudah.
Dulu saya dengan booth kecil berlogo Pegadaian, bisa menjual emas dan orang sudah mampir membelinya. mereka percaya kalung yang dijual memang emas. Sekarang baru saya lihat, hanya bermodalkan container kecil, agen Pegadaian sudah bisa menyalurkan pinjaman sampai miliaran per bulannya.
Komentar
Posting Komentar