Langsung ke konten utama

Top of Mind

Sebenarnya apa yang dimaksudkan dengan brand ? Brand merupakan kombinasi dari nama atau logo barang atau jasa yang akan langsung muncul dalam pikiran seseorang (Definisi dari  The UK’s chartered Institute of Marketing). Ada juga yang menyebut bahwai brand adalah ‘promise’. 

Professor grant leboff dalam bukunya berjudul Myths of Marketing menjelaskan apa yang disebut dengan salah satu level brand awareness yaitu brand recall, inilah yang dibuttuhkan oleh setiap perusahaan.

Brand recall, misalnya pada saat petani jagung sedang butuh uang untuk membeli bibit jagung, dan bertanya kepada temannya dimana bisa pinjam uangnya ? 

temannya  langsung menjawab “agen Pegadaian, juragan jagung”.  

Inilah yang disebut dengan brand recall dan brand yang paling diingat disebut sebagai ‘top of mind awareness’.

Awareness merupakan syarat awal dari terjadinya pembelian, tidak ada orang yang akan membeli merek yang tidak dikenalnya. Disinilah kekuatan agen Pegadaian, karena Pegadaian merupakan Top of Mind bagi mereka yang sedang membutuhkan pinjaman dengan cepat dan jangka pendek. Sehingga proses untuk menjadi terjadinya transaksi jauh lebih mudah.

Dulu saya  dengan booth kecil berlogo Pegadaian, bisa menjual emas dan orang sudah mampir membelinya. mereka percaya kalung yang dijual memang emas. Sekarang baru saya lihat, hanya bermodalkan container kecil, agen Pegadaian sudah bisa menyalurkan pinjaman sampai miliaran per bulannya.








Komentar

Postingan populer dari blog ini

pemeriksaan kas sekonyong konyong

Disaat masih menjadi pemeriksa muda di Inspektorat Wilayah Medan aku seperti biasa melakukan berbagai kunjungan pemeriksaan ke berbagai kantor cabang Pegadaian. Hari ini pemeriksaan di kantor cabang Pegadaian takengon selesai dilaksanakan, siang ini aku dan pak Sudrajat sebagai ketua team akan segera kembali ke Medan.  Ketua team ini orang sunda yang sangat baik dan seperti orang sunda lainnya, senang guyon, sehingga perjalanan jauh dari Medan ke Aceh yang ditempuh selama belasan jam ini tidak terasa membosankan. Tapi seperti orang sunda yang susah melafalkan beberapa huruf, begitu juga boss satu ini, salah satu yang paling aku ingat adalah kegagalannya mengucapkan kata “eksekutif”, beliau selalu mengucapkannya sebagai sekutip.   Karena sudah jadwalnya kembali ke Medan, Hati ini riang gembira serasa berteriak “hore.. hore, akhirnya tiba waktunya I’am coming home”. Tidak seperti sekarang dimana sewaktu waktu dapat video call dengan anak isteri, tahun 90-an ini kalau kangen sama keluarga

Arisan Emas Pegadaian.

Ingin berinvestasi emas ? kunjungi outlet outlet Pegadaian, sekarang investasi emas dapat dilakukan dengan berbagai cara, dapat dibeli secara tunai di outlet Galeri 24 Pegadaian, dapat juga dengan cara arisan.

NOKIA di tahun 2008

Harga Pasar Handphone Melihat Daftar Harga Pasar Setempat (HPS) handphone (HP) triwulan II tahun 2008 yang dipakai sebagai dasar bagi Penaksir Pegadaian menetapkan nilai  taksiran barang jaminan handphone di tahun 2008 ini menjadi flashback bagaimana sengitnya persaingan   dalam bisnis handphone .  Dari belasan merek HP yang beredar di pasaran Indonesia pada masa tersebut dan kemudian tercatat dalam daftar barang yang diterima sebagai barang jaminan pada masa itu, pada saat sekarang mungkin hanya hanya Samsung LG dan Motorolla yang masih terlihat  di display outlet penjual HP, selebihnya sudah tidak lagi dikenal oleh generasi sekarang. Merek yang pada masanya cukup inovatif dan laku seperti Sony Ericson atau Siemens pada masa sekarang sudah tidak ada lagi, hanya tinggal kenangan bagi gen X dan tidak dikenal oleh Gen Millenial. P ada tahun 2008 ini HP yang paling terkenal dan menjadi market leader tentu saja NOKIA, HP sejuta umat dan menjadi idola masyarakat. Model yang